Selasa, 24 Desember 2013

Cara Meningkatkan Daya Ingat


1. Lakukan Percakapan
Usahakan agar Anda sering berinteraksi atau melakukan percakapan dengan orang lain, misalnya mengobrol atau terlibat perbincangan serius. Menurut penelitian, saat kita mengisolasi diri dari orang-orang sekitar, kita akan mengalami penurunan mental di kemudian hari. Dan itu memang sudah penulis rasakan. Manusia sudah dilengkapi dengan berbagai keterampilan komunikasi yang perlu digunakan. Semakin luas kontak sosial seseorang, kemampuan kognitifnya makin tinggi dan resiko penuaan dini pun lebih rendah.

2. Hindari Stress
Stress adalah fenomena tersendiri bagi seseorang. Dan menghindari stress adalah salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat yang kita miliki. Hormon kortisol yang muncul ketika Anda stress bisa mempengaruhi informasi yang diterima oleh otak, hal inilah yang menjadi alasan ilmiah mengapa seseorang yang stres secara normal akan sering memiliki pikirang kosong.

3. Bermain Video Game
Penelitian mengatakan bahwa bermain video game bisa melatih pikiran kita serta dapat meningkatkan daya ingat. Selain itu, konsentrasi, tingkat kewaspadaan, dan kemampuan beralih tugas untuk mengambil alternatif lain bisa dilakukan lebih cepat dari biasanya.

4. Kunyah Permen Karet
Para ahli mengatakan bahwa permen karet membantu mengurangi pembentukan bakteri dan memperkuat otot rahang. Selain itu, permen karet juga bisa membuat Anda lebih waspada danberkonsentrasi. Mengunyah permen karet rasa mint juga bisa mengurasi rasa lelah dan meningkatkan memori. 

5. Istirahat
Istirahat adalah solusi terbaik bagi kita yang sedang kelelahan dan frustasi. Mencoba berkonsentrasi agar menemukan solusi dari masalah, tapi selalu gagal? Itu berarti otak kita membutuhkan istirahat. Fokuslah pada sesuatu yang lain, atau tinggalkan sejenak aktivitas Anda dengan pergi keluar rumah untuk mencari udara segar.

6. Belajar Menyanyi atau Memainkan Alat Musik
Musik memiliki berbagai manfaat yang luar biasa. Belajar bagaimana memainkan alat musik atau bahkan bernyanyi bisa menjadi latihan yang menyenangkan sekaligus menantang otak kita semua. Berikan dorongan yang sangat dibutuhkan otak dan cari tahu minat Anda dalam kegiatan bermusik.

Demikianlah tips Cara Meningkatkan IQ dan Daya Ingat. Semoga bermanfaat.
Source:  rohmatullahh.blogspot.com

3 komentar: